7 Manfaat Buah Pisang

 

manfaat buah pisang yang sangat berkhasiat untuk tubuh

Sebagai salah satu jenis buah-buahan yang sangat mudah ditemukan di indonesia barangkali tidak banyak dari kita yang tau tentang apa manfaat buah pisang? dan apa khasiat buah pisang bagi tubuh?. bahkan barangkali, saking mudahnya menemukan buah ini kita seringkali menganggap enteng tentang khasiat yang bisa diberikan dari buah pisang ini sendiri bagi tubuh kita.

Benar jika buah pisang bisa didapat dimana saja, dalam artian kita tidak perlu bersusah payah mencarinya di supermarket besar untuk menemukannya. karena di toko-toko buah para pedagang kecil di pasar pun buah pisang ini sering sekali dijual oleh mereka. namun bukan berarti buah pisang tidak memiliki manfaat. dan bagi anda yang sampai hari ini masih menyepelekan soal manfaat dan khasiat dari buah pisang ini sendiri, mari simak ulasan berikut :

7 Manfaat Buah Pisang Sangat Berkhasiat Bagi Kesehatan Tubuh

Baik Bagi Kesehatan Otak

pisang baik untuk kesehatan otak

Manfaat pertama yang bisa didapat dari rajin mengkonsumsi buah pisang adalah ternyata buah pisang sangat baik bagi kesehatan otak kita. dengan kandungan kalium dan megnesium nya yang tinggi maka fungsi otak kita dapat meningkat dengan rajin meng konsumsinya. 

kandungan kalium dan magnesium ini sendiri akan meningkatkan kinerja sel-sel didalam otak dalam berkirim sinyal semakin baik. dan dapat memastikan reseptor n-methyl-d-aspartate (NMDA) didalam otak anak-anak berkembang semakin maksimal. yang nantinya akan membantu daya ingat dan kemampuan belajar mereka meningkat drastis.

Mampu Menyediakan Energi

pisang mampu menyediakan energi

Kandungan gula dan serat didalam buah pisang juga berguna dalam memberi energi pada tubuh. dengan hanya mengkonsumsinya sebagai camilan ketika lapar bahkan mampu memberi tubuh kita jumlah asupan energi yang cukup untuk kembali ber aktifitas.

dalam sebuah jurnal penelitian di amerika disebutkan bahwa mengkonsumsi dua buah pisang mampu menyediakan energi yang cukup bagi tubuh kita untuk berjalan selama 90 menit. yang artinya, energi yang disediakan oleh sibuah pisang ini sendiri memang sangat besar.

Mampu Memperlancar Saluran Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada buah pisang sangatlah tinggi. dan seperti yang kita tahu bersama bahwa serat yang cukup akan sangat membantu kita dalam hal penceranaan yang baik. dan tidak hanya itu, dikarenakan jenis serat yang ada dalam buah pisang berjenis pektin, maka penekanan terhadap resiko kanker usus besar akan sangat besar dan siginifikan bisa dihasikan dari mengkonsumsi pisang.

Mampu Mengendalikan Kadar Gula Dalam Darah

pisang untuk mengendalikan kadar gula

Serat pektin yang disebutkan sebelumnya diatas, selain sebagai penekan resiko kanker juga mampu membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan sempurna. sehingga, meskipun rasa dari buah pisang itu sendiri sangatlah manis, namun justru mampu mengendalikan kadar gula didalam darah kita.

bagi anda yang membutuhkan asupan kalori tinggi namun tidak ingin diiringi dengan kemungkinan tingginya kadar gula dalam darah, maka meng konsumsi pisang sebagai camilan adalah pilihan yang paling bijak dan tepat.

Tinggi Akan AntiOksidan

Pakar kesehatan sepakat menyebut selain kandungan antioksidan yang tinggi,  antioksidan yang dikandung didalam buah pisang juga mampu meningkatkan produksi hormon dopamine dan katekin yang mampu meredakan stress dan peradangan didalam tubuh.

Sangat Baik Untuk Diet

pisang baik untuk diet

Selain mengandung nilai serat yang tinggi, buah pisang juga mengandung karbohidrat berjenis resistant starch yang mampu membuat lambung merasa kenyang dalam waktu yang lama. sehingga, buah satu ini sangat cocok untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

Mampu Mengurangi Stress

pisang untuk mengurangi stress


Hormon Dopamine dan Katekin yang produksinya meningkat akibat dari meng konsumsi pisang ini sudah kami sebutkan sebelumnya bahwa selain mampu meredakan peradangan dalam tubuh juga mampu mengikat dan meredakan stress yang dialami tubuh peng konsumsinya.

selain itu, Kandungan asam amino triptofan dan vitamin B6 nya juga mampu merangsang produksi hormon serotonin dalam tubuh yang mampu membuat pikiran dan tubuh rileks sehingga stress bisa reda dikarenakan suasana hati menjadi baik yang akhirnya berimbas pada munculnya sensasi bahagia pada tubuh.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url