Manfaat Teknologi AI Dalam Kehidupan Sehari – Hari

 

manfaat teknologi AI

Sadar tidak jika hari ini kita telah masuk eranya teknologi di mana pekerjaan apapun bisa dibantu dengan mesin AI, secara tidak langsung Sebagian orang tidak sadar bahwa teknologi tersebut di bantu oleh sistem AI, contohnya saja di HP sekarang ini teknologi finger sudah mulai hilang, dengan di gantikan face detection alis deteksi wajah, selain itu mungkin Sebagian ada yang belum tahu, kendaraan mobil roda 4 yang meggunakan transmisi otomatis dimana kita tidak perlu lagi menekan kopling, itu juga bagian dari kecerdasan buatan.

Selain mobil, saat ini juga ada motor yang menggunakan Transmission Control Unit (TCU) yang ada pada motor Yamaha NMAX terbaru, jika di perhatikan pada saat mengaktifkan YETC pada saat rpm tinggi,kemudian akan kembali normal pada saat rpm rendah secara otomatis, nah ini salah satu kecerdasan buatan yang dilakukan oleh mesin AI.

Nah bagaimana sebenarnya mesin AI bisa mengenali sebuah benda seperti manusia bisa mengidentifikasi jenis benda, sebenarnya konsepnya mirip seperti manusia yaitu di ajarin satu persatu yang di sebut dengen Deep Learning. Jadi AI tersebut di training berbagai banyak gambar misakan gambar mobil dari mulai tampak depan, samping, belakang, atas agar bisa diketahui nama jenis mobil.

Jadi Apa saja Teknologi AI Yang di Terapkan Dalam Kehidupan Sehari – Hari.

 Robot Penyedot Debu

Saat ini sudah ada produk pengganti sapu, Anda bisa menggunakan alat ini secara otomatis untuk membersihkan lantai dari debu dan kotoran ringan, jadi sistemnya bisa bekerja tanpa di perintah, kita tinggal setup kapan waktunya di membersihkan, nah biasanya alat ini bisa mendeteksi area yang dia kerjakan, jadi setiap jalur yang sudah di bersihkan tidak di lewati lagi, apa bila ada penghalang atau obstacle maka sistem akan melakukan maping ulang terkait area yang di bersihkan.

Setiap selesai membersihkan dia akan kembali ke tempat semula housing / rumah tempat alat berhenti dan melakukan pengecasan otomatis apabila baterai kondisi low battery, sehingga kita tidak lagi repot – repot melakukan pengecasan.

 Mesin Pencari

Pada tahu gak mesin pencari seperti Google, Bing dan mesin pencari lainnya, mereka menerapkan kecerdasan buatan AI, berdasarkan pengalaman pengguna, nah setiap hasil pencarian itu biasanya murni pemrosesan berdasarkan kata kunci, dan mesin pencari tersebut memberikan hasil yang akurat dari berbagai sumber dan artikel.

Google sendiri memiliki chatbot AI yang di sebut gemini.google.com dimana kita bisa meminta sesuatu apapun pertanyaan, misalkan saya ingin cari wirneet.com maka hasilnya bisa Anda lihat seperti dibwah ini :

manfaat teknologi AI


Teknologi ini membantu kita secara langsung dengan tanya jawab, Anda bisa mencari informasi lebih cepat dan akurat, tanpa harus memilah – milah lagi sumber informasi yang di tampilkan, tidak hanya itu saja yang di tampilkan, maps dan gambar juga ditampilkan, dan ini menjadi inovasi AI yang terbaik saat ini yaitu chatbot AI Gemini Google.

 Smartphone

HP Pinter menjadi salah satu perangkat yang paling sering kita gunakan, mulai untuk menelpon, kirim pesan, video call, transaksi, bermain game dan lain sebagainya, HP saat itu sudah di bekali fitur keamanan canggih mulai dari Touch ID dan Face Detection, dimana saat penggunanya buka hp, maka harus melakukan scan wajah atau bisa menggunakan finger, nah ini menjadi hal yang biasa di hp saat ini, padahal itu merupakan dari kecerdasan buatan seperti pengenalan wajah, jadi pada saat scan wajah tidak sesuai maka kita tidak bisa menggukan / menjalankan hp tersebut, karena harus benar – benar pemiliknya.

 Fitur Canggih di Mobil

Jika kita melihat mobil – mobil eropa yang di jual secara global, biasanya mereka menyematkan teknologi keamanan pada mobil tersebut, misalkan mendeteksi ada mobil di depan ataupun manusia yang lewat, maka dengan bantuan kamera AI bisa mendeteksi benda tersebut, karena memang sistem AInya sudah di training dengan berbagai objek gambar seperti manusia, paling tidak bisa meminimalisir kecelakaan dengan membunyikan sebuah warning.

Fitur ini sangat membantu para pengendara mobil sehari -hari dalam menjalankan tugasnya, teknologi AI memang sangat membatu kita sehari – hari, dan masih banyak lagi teknologi AI yang bis kita gunakan.

Demikian tips dan ulasan tentang Manfaat Teknologi AI Dalam Kehidupan Sehari – Hari, terima kasih telah berkunjung di blog kami, Semoga bermanfaat

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url