8 Berkas Penting Dilampirkan Dalam CV

 

berkas penting dalam sebuah cv

Dalam hal melamar kerja, ada beberapa berkas penting yang wajib dipersiapkan dan harus anda lampirkan atau berikan kepada Pihak Perusahaan sebagai bahan Pertimbangan didalam lamaran kerja anda bagi Mereka nantinya. nah,  sobat sudah pada tahu berkas lamaran kerja apa saja yang harus dilampirkan nantinya? berikut :

8 Berkas yang Wajib disediakan oleh para Pelamar Kerja

1. Surat Lamaran

Tentunya bagi para pelamar kerja, berkas yang satu ini adalah hal utama yang paling penting untuk dipersiapkan dalam hal melamar sebuah pekerjaan. jangan sampai terlewatkan, dan gunakan bahasa yang baik serta sopan dalam penulisannya nanti ya sobat! 

2. Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Didalamnya berisikan soal biodata lengkap mengenai diri anda, Pendidikan, Status Pernikahan serta gambaran mengenai pengalaman kerja juga berorganisasi yang pernah anda lakukan atau kerjakan sejauh ini.

3. Fotocopy Ijazah

Hal yang penting berikutnya adalah Ijazah, sebagai bukti otentik bahwa anda pernah mengenyam pendidikan yang tepat sesuai dengan lowongan kerja yang akan anda isi nantinya diperusahaan tersebut.

4. Fotocopy Kartu Keluarga dan KTP

Hal yang tidak kalah penting, adalah Kartu Identitas Diri yang sesuai dari Pemerintah. sebagai hal penting lainnya yang membuktikan bahwa anda adalah Warga Negara yang Sah.

5. Pas Photo Terkini

Yang Perlu anda ingat dan penuhi dalam berkas yang satu ini adalah Photo terbaru, bukan Photo terbagus atau tercantik yang anda miliki. barangkali Pas Photo anda beberapa tahun yang lalu tampak lebih menarik tapi sebaiknya berikan photo anda yang terbaru sehingga pemberi kerja nantinya tidak meragukan jika anda adalah orang lain.

6. Surat Referensi Kerja

Jika anda telah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, sebaiknya lampirkan juga surat referensi dari perusahaan sebelumnya. hal ini akan menjadi nilai plus dimana akan menjadi pertimbangan matang bagi pemberi kerja dapat menilai apakah anda pantas dan mampu di amanahi atau dibebenkan sebuah pekerjaan oleh mereka.

7. SKCK

Berkas satu ini penting bagi beberapa perusahaan mengingat banyaknya tindak kejahatan ataupun kriminal yang bisa terjadi di lingkungan perusahaan. berkas SKCK dari anda sangat berarti bagi perusahaan dan penting bagi pemberi kerja sebagai jaminan bahwa selama hidup anda tidak pernah melakukan satupun tindakan kriminal ataupun melanggar hukum.

8. Surat Keterangan Sehat

Dimasa Pandemi saat ini, Perusahaan dan Para Pemberi kerja lebih selektif dalam hal menerima Pekerja baru didalam perusahaan mereka. sebaiknya persiapkan surat keterangan sehat atau terbebas dari virus covid19 sebagai jaminan kepada mereka bahwa anda dalam kondisi sehat dan prima untuk bekerja bersama dengan mereka.

Berkas-Berkas Pendukung dalam Lamaran Kerja

Portofolio

Sertifikat Pendidikan atau Pelatihan

Formulir dari Perusahaan (Jika Perusahaan meminta dan menyediakan)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url