Mengenal ISO 2015 Konsultan ISO dan Biaya Pembuatan ISO

 

ISO 2015, Konsultan ISO, Biaya ISO

Konsultan Iso 9001:2015 ialah badan standarisasi internasional yang menangani masalah standarisasi untuk barang, jasa dan sistem (termasuk Sistem Manajemen Mutu).

Apakah Anda pernah mendengar sebutan konsultan iso?

Atau barangkali terdengar asing ditelinga beberapa orang.

Tahukah Anda apabila sebutan konsultan ISO ini sebenarnya sangatlah terkenal dikalangan pelaku usaha.

Tapi bagi Anda yang masih belum mengetahuinya dan juga ingin mengetahui apa itu konsultan iso maka berikut ini beberapa hal yang wajib Anda ketahui.

Pengertian Konsultan Iso

Konsultan iso saat ini memang banyak sekali dan juga mudah sekali untuk Anda temukan.

Tetapi tahukah Anda jika konsultan Iso ini akan membantu Anda dalam memberikan petunjuk mengenai penerapan sistem manajemen pada suatu organisasi atau juga pada perusahaan yang sedang Anda jalankan saat ini.

Yang artinya, seorang konsultan Iso harus memiliki keahlian khusus sehingga nantinya dapat dan mampu memberikan nasehat dan juga petunjuk untuk Anda.

Pada Umumnya, Perusahaan yang menyediakan Jasa konsultan iso harus memiliki tenaga yang ahli dan sudah profesional dalam menangani berbagai jenis perusahaan.

perlu untuk anda ketahui jika sebenarnya seorang yang menawarkan jasa konsultan iso ia juga harus ahli dalam berbagai bidang, tidak hanya menguasai satu bidang saja, bidang yang ia kuasai pada bidang jenis bidang lainnya.

Latar Belakang Iso 9001

Iso 9001 termasuk prosedur terdokumentasi dan praktek standar untuk manajemen sistem, yang telah menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk terhadap kebutuhan atau persyaratan tertentu tersebut atau spesifikasikan (barang atau jasa).

dengan kata lain, Iso 9001:2015 merupakan penyempurnaan dari Konsultan Iso 9001. Organisasi yang telah melakukan sertifikasi standarisasi menggunakan standard Iso 9001, kesimpulannya dapat perbaharui sertifikatnya dengan menggunakan standard Iso 9001.

Selanjutnya bagi setiap perusahaan yang bertujuan untuk mempertahankan eksistensinya di dunia bisnis. Apabila adanya tuntutan konsumen, tuntunan persaingan dan peningkatan kinerja, jika kita butuhkan suatu system manajemen yang berkualitas, terorganisir dan sistematik.

Iso 9001 adalah standar sistem manajemen Mutu atau manajemen Produk, jika produk yang dihasilkan dari suatu system manajemen yang berkualitas akan meghasilkan produk dan kualitas layanan yang dapat memenuhi kepuasan pelanggan.

yang artinya, dalam hal ini Perusahaan tentu saja dapat meningkatkan kinerja operasional secara signifikan bermanfaat melalui peningkatan efesiensi, produktivitas dan perbaikan terus menerus, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, dan mempertinggi posisi organisasi dalam persaingan pasar.

dan dengan begitu, tentu Konsumen akan dapat memperoleh produk dan jasa bermutu sesuai dengan harapan mereka dan bermanfaat bagi karyawan yaitu meningkatkan kepuasan karyawan dalam bekerja dan menumbuhkan proses pembelajaran bagi keberhasilan dalam bekerja.

Apa Itu Iso 9001:2015 ?

ISO 9001:2015 Apabila kita seebut yaitu International Organization For Standardization (IOS) merupakan badan standarisasi internasional yang memang menangani masalah standarisasi untuk barang, jasa dan sistem (termasuk Sistem Manajemen Mutu).

Merupakan federasi badan-badan standarisasi nasional dari seluruh dunia pada tahun 1947 berkedudukan Geneva, Swiss, setelah itu bertujuan untuk mempromosikan pengembangan standarisasi dan kegiatan yang terkait serta meningkatkan kerjasama dalam bidang intelektual, IPTEK dan Kegiatan Ekonomi.

Pengembangan Sistem Manajemen Mutu

  • Sistem Manajemen Mutu yang telah dibuat ataupun telah ditetapkan melalui konsesus dari komite dan subkomite oleh ISO.
  • ISO Technical Comitee 176 berttanggung jawab dalam membuat, mengembangkan bahkan merubah standar untuk Manjemen Mutu dan Jaminan Mutu
  • Standar Konsultan ISO 9001:2015 didesain agar cocok dalam penerapannya dengan standar Sistem Manajemen lainnya.( Manajemen Lingkungan ISO 14001 & Keselamatan dan Kesehatan Kerja ISO 45001:2018) dll.

Apa Pentingnya Penerapan Sistem Manajemen Mutu ?

Standar ini bertujuan untuk :

  1. Menyatakan kesesuaian Sistem Manajemen Organisasi terhadap standar Sistem Manajemen yang relevan (ISO 9001:2015) & ruang lingkup penerapannya;
  2. Merupakan sarana konfirmasi yang tepat bahwa sistem masih telah terlaksanakan secara efektif dan telah terpelihara secara baik;
  3. Untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan bahwa produk/jasa yang telah Anda berikan berdasarkan persyaratan yang telah terkendali;
  4. Menghemat biaya Audit Suplier (pihak pelanggan tidak perlu memeriksa sendiri manajemen mutu 

Struktur Iso 9001:2015

Selanjutnya yang telah kita harapkan, ISO 9001 ini update akan modelkan struktur tingkat tinggi dan ISO telah mengembangkan bahasa yang umum kita gunakan oleh semua sisitem manajemen ISO yaitu Annex SL , yang wajib untuk semua standar sistem manajemen internasional apabila mengikuti ketentuan Annex SL

Struktur dari ISO 9001:2015 ialah :

1. Scope
2. Normative Reference
3. Term And Definition
4. Context The Organization
5. Leadership
6. Planing To The Quality Management Sysytem
7. Support
8. Operation
9. Performance Evaluation
10. Improvement

Manfaat Penerapan Iso 9001:2015

  1. Menetapkan standar dan membakukan proses kerja serta penanggung jawabnya;
  2. Memastikan standar kerja tetap pada perusahaan, bukan pada individu karyawannya;
  3. Memastikan proses tetap berkelanjutan, walaupun ada perubahan personel;
  4. Sebagai alat bantu training untuk karyawan baru;
  5. Menghindari perubahan tanpa adanya pemberitahuan;
  6. Referensi tertulis yang berstandar sehingga proses bisa diaudit;
  7. Digunakan untuk mengembangkan organisasi;Memenuhi kebutuhan pasar.
  8. Dapat menuangkan kebijakan-kebijakan dalam dokumen ISO 9001.
  9. Mampu bekerjasama dan mendukung Wakil Manajemen.
  10. Dan merencanakan langkah-langkah pengembangan sistem manajemen mutu berdasarkan persyaratan ISO 9001.
  11. Mampu mengidentifikasi sumber daya & kemampuan yang dibutuhkan sistem manajemen mutu ISO 9001.


Biaya Konsultasi ISO 9001

Tidak ada harga yang bisa menjadi acuan tetap dalam menentukan besaran biaya konsultasi ISO 9001 tapi dapat untuk diperkirakan sekitar Pendaftaran peserta: Rp. 4,000,000,- (Empat Juta Rupiah).

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url